Selasa, 17 Desember 2013

JKT48 vs Cherrybelle, Manakah Yang Lebih Baik?

Berbicara soal eksistensi grup musik wanita di Indonesia, tentu saja ada dua nama besar yang selalu diperbicangkan dan diperbandingkan. Dua nama tersebut adalah JKT48 dan Cherrybelle. Walaupun dari kalangan fans sendiri menganggap bahwa JKT48 tidak berada dalam kategori yang sama dengan Cherrybelle karena mereka termasuk sebagai "idol grup" dan bukannya "girlband", tetap saja perbandingan antara keduanya tidak terelakkan. Baik JKT48 maupun Cherrybelle sangat sering dimasukkan ke dalam kategori yang sama di berbagai acara pemberian award oleh media-media nasional. Keduanya pun sama-sama memiliki komoditas utama yang sama, berupa "lagu" yang dipasarkan dalam bentuk singel, CD, maupun performance.
Oleh karena itu, Ngidol.com kali ini akan mencoba menganalisa perbandingan kuantitatif serta kualitatif antara JKT48 dan Cherrybelle. Artikel ini juga kami buat berdasarkan artikel yang sebelumnya sudah dipublikasikan, memuat perbandingan antara AKB48 vs SNSD. Data dalam artikel ini dikumpulkan dari website resmi kedua grup, Wikipedia, dan berbagai tools dari Google yang dilakukan untuk melakukan analisa kuantitatif per Januari 2014.
Satu poin lagi, kami membuat perbandingan ini bukan untuk menjatuhkan atau menaikkan nama grup tertentu. Kami mencoba membuat perbandingan ini seobjektif mungkin. Selain itu, kami juga menaruh respek pada JKT48 dan Cherrybelle, karena keduanya sudah memiliki peran yang cukup signifikan dalam menyemarakkan dunia entertainment Indonesia. Langsung saja, berikut perbandingannya:

JKT48 vs Cherrybelle, perbandingan kuantitatif
Tanggal berdiri:
JKT48:  3 November 2011, acara TV pertama 17 Desember 2011
Cherrybelle: 27 Februari 2011, acara TV pertama 18 Juni 2011
Keduanya didirikan dan tampil di media dalam waktu yang hampir berdekatan. Baik JKT48 maupun Cherrybelle pun tidak perlu waktu lama untuk menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Singel pertama mereka yang dirilis langsung menjadi hit dan diputar berulang-ulang di berbagai stasiun televisi.

Jumlah member
JKT48: 44 member (20 member Team J, 17 member Team KIII, 7 trainee)
Cherrybelle: 8 member. Pada awalnya grup ini beranggotakan 9 member, namun di tengah perjalanannya ada beberapa anggota lama yang keluar dan digantikan oleh anggota baru.

Usia anggota
JKT48: antara 14 hingga 22 tahun. Member termuda adalah Nabilah Ratna Ayu Azalia (lahir 11 November 1999) dan member tertua adalah Rica Leyona (lahir 19 Agustus 1991).
Cherrybelle: antara 20 hingga 23 tahun. Member termuda adalah Gigi (lahir 9 Juli 1993) dan member tertua adalah Angel (lahir 5 Oktober 1990).

Jumlah singel dan album yang dirilis
JKT48: 4 singel, 1 album, 4 DVD, 4 CD promo, dan 2 buku
Cherrybelle: 2 album dan 4 singel

Penampilan di layar lebar dan televisi:
JKT48: 3 acara televisi eksklusif (1 sudah tamat, 1 hiatus, dan 1 masih berlanjut)
Cherrybelle: 1 film layar lebar, 2 film televisi, dan 3 serial televisi

Pencarian rata-rata per bulan di Google (Indonesia)
Dianalisa dengan menggunakan "Keyword Planner"
JKT48: 201.000
Cherrybelle: 49.500

Pencarian rata-rata per bulan di Google (seluruh dunia)
JKT48:  246.000
Cherrybelle: 60.500
Berdasarkan pencarian Google, JKT48 jauh lebih populer dibandingkan Cherrybelle di dunia maya

Jumlah Like Facebook Page resmi:
JKT48: 2,027,866 likes
Cherrybelle: 961,283 likes

Jumlah follower Twitter resmi:
JKT48: 1.396.948 follower
Cherrybelle: 911.733

Jumlah video musik yang paling banyak ditonton di YouTube:

JKT48: Heavy Rotation versi preview (1.323.989 views, diunggah tanggal 17 Januari 2012)




Cherrybelle: Beautiful (3.295.727, diunggah tanggal 25 September 2011)
 *Lagu Cherrybelle tidak diunggah di channel YouTube resmi mereka

Alexa ranking website resmi:
Alexa ranking adalah sebuah parameter yang digunakan untuk mengukur popularitas sebuah website berdasarkan jumlah pengunjung, lama kunjungan, bounce rate, jumlah backlink, dan faktor-faktor lainnya. Makin kecil rankingnya, makin populer website tersebut.
JKT48: www.jkt48.com (67.971)
Cherrybelle: www.cherrybelle.info (1.085.679)
Alexa ranking website JKT48 jauh lebih tinggi dari Cherrybelle, menandakan bahwa website JKT48 lebih populer dari website Cherrybelle.
Perbandingan jumlah pemberitaan di internet (dianalisa dengan Google Trends)




Dari data di atas, kita bisa melihat bahwa JKT48 lebih populer di dunia maya dibandingkan Cherrybelle. Cherrybelle hanya unggul dalam jumlah views di YouTube. Jika kita menengok dari perbandingan kuantitatif, tentu saja JKT48 bisa dibilang lebih populer dari Cherrybelle. Namun tentu saja, kita tidak bisa menentukan kualitas masing-masing grup hanya berdasarkan perbandingan kuantitatif saja. Diperlukan juga perbandingan kualitatif, walaupun tentu saja perbandingan ini cenderung subjektif dan tidak memiliki parameter yang jelas. Walaupun demikian, kami akan mencoba memberi gambaran umum sebagai berikut:


JKT48 vs Cherrybelle, perbandingan kualitatif

Gaya bermusik

JKT48: JKT48 membawakan lagu-lagu dari sister grup-nya, AKB48. Baik secara musikalitas dan koreografi, penampilan JKT48 merujuk pada J-Pop alias Japanese Pop.
Cherrybelle: Pada awal karirnya, Cherrybelle terlihat sangat dipengaruhi oleh SNSD yang menjadi girlband terpopuler di industri K-Pop, baik dalam kostum, koreografi, presentasi, jumlah personil, dan konsep panggung. Tak heran jika kemudian banyak yang menganggap gaya bermusik Cherrybelle merujuk pada K-Pop alias Korean Pop.

Walaupun memiliki kesamaan dalam mengambil contoh dari grup yang terkenal di Asia (JKT48 merujuk pada AKB48 dan Cherrybelle merujuk pada SNSD), ada sedikit masalah dalam kasus Cherrybelle. Tidak seperti JKT48 yang menyandang status resmi sebagai sister grup AKB48 dan memiliki lisensi langsung dari Jepang untuk membawakan lagu-lagu mereka, Cherrybelle sama sekali tidak memiliki lisensi dari SNSD. Banyak pihak yang menganggap hal yang dilakukan oleh Cherrybelle ini sebagai suatu bentuk plagiarisme. Beberapa waktu yang lalu bahkan dikabarkan SNSD menuntut Cherrybelle karena lagu mereka yang berjudul "Best Friend Forever" dianggap menjiplak lagu SNSD yang berjudul "Kissing You." (sumber: "Cherry Belle fending off plagiarism claims" - The Jakarta Post).

Perbandingan member:
The leader (pemimpin)
Melody vs Cherly


Melody dan Cherly adalah dua sosok yang dianggap sebagai leader atau pemimpin di grup masing-masing. Melody merupakan Kapten semua anggota JKT48 yang tergabung dalam Team J dan Team KIII, sedangkan Cherly adalah pemimpin dari Cherrybelle yang sering dipanggil dengan julukan "Cherlyder". Sebagai seorang leader, keduanya memiliki peran sebagai juru bicara yang kerap mewakili grup di berbagai penampilan media.

Di JKT48, peran Melody terlihat lebih dominan daripada Cherly di Cherrybelle. Melody kerap disebut oleh fans sebagai member JKT48 tercantik. Ia juga sosok yang menjadi center dalam singel Heavy Rotation, singel terpopuler JKT48 hingga saat ini. Melody pun juga pernah beberapa kali ke Jepang, menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang tampil dalam singel New Ship bersama AKB48 dan sister grup lainnya.



The best dancer (dancer terbaik)
  Beby vs Gigi


Berbicara soal dancer terbaik, tampaknya Beby dan Gigi bisa dianggap sebagai perwakilan dari grup masing-masing. Beby yang juga menjabat sebagai asisten pelatih dance JKT48 adalah member yang memiliki kemampuan dance paling menonjol, di samping Melody. Beby sudah suka menari sejak kecil, dan hal inilah yang membuat ia terlihat sangat ahli dibandingkan member lainnya di JKT48.

Ada dua anggota yang disebut sebagai dance leader di Cherrybelle, yaitu Angel dan Gigi. Namun melihat kualitas dance yang kerap mereka pertontonkan, Gigi terlihat sedikit lebih ekspresif dan enerjik dibandingkan Angel. Hal inilah yang membuat kami menempatkan Gigi sebagai perwakilan dalam The Best Dancer dalam artikel ini.

Perbandingan antara Beby dan Gigi boleh dibilang hampir seimbang. Keduanya sama-sama berasal dari Bandung.


The most popular member (member paling populer)
Nabilah vs Angel
 
Jika saja Anisa belum keluar dari Cherrybelle, perbandingan dalam kategori ini tentu saja akan menjadi pertarungan antara Nabilah versus Anisa Chibi. Namun karena Anisa sudah keluar, maka otomatis member terpopuler di Cherrybelle dipegang oleh Angel.

Dari segi usia, Nabilah jauh lebih muda dari Angel. Ia saat ini berusia 14 tahun, 9 tahun lebih muda dari Angel. Namun jangan salah, dari segi popularitas ia justru unggul dari Angel. Saking populernya, Nabilah bahkan sering disebut sebagai "oshi sejuta umat." Ia memiliki sekitar 1,2 follower di Twitter, sedangkan Angel "hanya" memiliki sekitar 740 ribu follower. Akankah di masa depan Angel berhasil menandingi popularitas Nabilah?


Nah, itu tadi adalah perbandingan kualitatif dan kuantitatif antara JKT48 dan Cherrybelle. Masih ada beberapa faktor lagi yang belum bisa kami bahas, seperti kualitas vokal, penampilan fisik, bakat, loyalitas pada fans, dan lain-lain; karena faktor-faktor tersebut terlalu sulit untuk dinilai secara objektif. Akhirnya, keputusan untuk menentukan yang mana yang lebih baik ada di tangan teman-teman. Sekali lagi Ngidol.com mengingatkan bahwa artikel ini tidak dibuat untuk menjatuhkan nama salah satu grup tertentu, karena kami menaruh respek pada keduanya. Ok, kita tunggu komentar dari teman-teman pembaca tentang topik ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Recent Post

get this widget here