Selasa, 08 April 2014

Tim J vs Tim K3 "Idol Grup JKT48"



Ngomong-kosong soal perbedaan nih...:D, sudah lama dikepala ini berseliweran pertanyaan sehubungan dengan perbedaan antara Tim-J dan Tim K-3 dalam Grup Idol JKT489... Eeeh salah JKT48 maksudnya...hahah

Yah, dari segi manajemen kan dijelaskan bahwa Tim-J itu diarahkan lebih elegan, sedangkan tim K3 lebih ceria.. Namun bagi saya sih ada kesan lain yang mungkin sebagian orang setuju dan sebagian lainya tidak...

1. Kekuatan Tim J
Menurut saya Tim-J itu memang diisi oleh manusia-manusia cukup gila "cewek kuat maksudnya...hahah". Benar.., hampir semua member Tim-J itu memiliki "charm/aura" yang rata-rata kuat, bahkan sampai ex-member Tim J pun juga sama, sehingga bisa dibilang Tim-J ini adalah Tim yang sesek banget....hahah

Inilah penyebabnya mengapa banyak member Tim-J yang akhirnya memutuskan meluluskan diri. Mereka meluluskan diri bukan karena bermasalah dengan member lainnya atau bermasalah dengan JOT, tetapi mungkin karena suasana yang terlalu panas dan sesak, sehingga perlu menghirup udara segar...hehe

Ibarat ruangan 20 m persegi tanpa AC, jika diisi oleh 26 member Tim-J dengan panas tubuh rata-rata setiap orang sekitar 40^ "misalnya...haha" dan suhu ruangan juga mencapai 30^, maka meskipun antara semua member gak ada masalah apapun, tetapi tanpa sebab apapun bisa saja terjadi konflik yang "tidak disengaja", karena panas dan sesaknya suasana dalam ruangan.

Dari contoh konyol tersebut dapat kita simpulkan bahwa hampir semua member Tim-J plus ex-membernya hampir semuanya memiliki charm yang kuat, sehingga tidak heran persaingan di dalam Tim-J bukannya didominasi oleh persaingan karir, tetapi justru didominasi oleh persaingan kekuatan charm setiap member dalam Tim.

Bahkan sampai sekarang pun menurut saya persaingan dominasi kekuatan charm di antara member Tim J masih berlangsung, meski intensitasnya lebih lembut dibanding saat awal debut JKT48. Persaingan juga terlihat berkurang karena sekarang mereka sudah lebih akrab layaknya keluarga, saudara dan sahabat, sehingga persaingan dominasi charm di antara mereka terselimuti dengan baik oleh hubungan baik tersebut.

Hasilnya jadilah Tim-J seperti sekarang, di mana hubungan antara setiap member terlihat cukup erat bak saudara yang meskipun bertengkar akan kembali akur lagi, tanpa harus mengikuti sidang cecok antar sodara dalam memperebutkan harta gono-gini warisan di ruang persidangan yang sesak....wkwkwkk.

a. Member Tim J dengan Aura Paling lemah 
Sejauh ini dari semua member Tim J yang ada sekarang, terdapat setidaknya 2 member yang charm-nya masih terlihat agak lemah, yaitu Ayana dan Delima. Kedua member ini memiliki charm layaknya anak-anak yang masih sangat ramah tanpa memperhitungkan apapun tentang situasi dan kondisi sekitarnya.
Keberadaan mereka ibarat anak yang masih senang bermain-main layaknya anak baik-baik yang mengangap semua orang juga pasti baik "kebanyakan tipe mereka seperti itu", sehingga mereka akan selalu ramah dan baik terhadap semua orang dengan hati bebas dan riang, terutama Ayana.
Keuntungan mereka tentu saja adalah sifat mereka yang akan membuat siapapun tidak mampu membenci mereka, apalagi tega menyakiti mereka karena auranya masih pure dan belum tahu trik bahwa persaingan itu kadang menyakitkan sekaligus menjijikkan
Dalam hati mereka juga belum diisi dengan prasangka buruk dan kebencian kepada siapapun, sehingga mereka bisa dikatakan masih bersifat anak-anak banget yang selalu ceria dan bersenang-senang.
b. Member Tim J dengan Aura Paling kuat 
Lalu siapakah member Tim-J yang menurut kalian memiliki charm paling kuat?...Saya yakin banyak orang akan mengatakan Melody.., Tetapi anda semua salah karena member Tim-J yang memiliki charm paling kuat adalah Frieska. 
Frieska adalah member Tim-J yang memiliki charm paling kuat karena dia adalah manusia yang "strike to the point". Apa yang dia katakan, maka akan dia lakukan dengan sempurna dan apa yang dia tidak inginkan, maka akan dia tinggalkan. Hanya dengan satu point itu saja, maka dia lah member Tim-J yang memiliki charm paling kuat saat ini menurut saya. 
Mungkin Banyak yang bertanya.. "Loh bukanya Melody, Kinal atau Veranda yang terlihat memiliki charm paling kuat di Tim-J?...". Yah, mereka memang memiliki charm yang kuat tetapi kurang jelas seperti Frieska.
Melody misalnya memiliki charm yang kuat, tetapi dia termasuk cewek yang cukup mampu melingkupi banyak hal, sehingga auranya terpecah-pecah pada banyak hal. Meski di sisi lain kondisi ini membuat Melody lebih mampu menjaga emosinya lebih stabil pada titik equilibrum... "Istillah apa coba.....wkwkw"
Lalu bagaimana dengan Kinal?.. Kinal memiliki aura layaknya cewek tomboy. Coba kita pikirkan apakah pernah seorang cowok itu takut pada cewek tomboy?.. jawabanya tidak, tetapi segan iya. Saya cukup segan untuk bermasalah dengan Kinal, serius... hahah 
Kemudian bagaimana dengan Veranda?.. menurut saya dia itu adalah cewek baik-baik yang tingkat semaunya itu cukup tinggi "bukan semaunya orang manja yah..hehe". Maksudnya adalah dia itu sebenarnya sangat lembut, tetapi karena dia pendiam, sehingga terlihat agak dingin layaknya Dhike juga..
Benar, Veranda dan Dhike itu adalah dua makhluk terasing di Tim-J.....wkwkwk. Bukan karena mereka diasingkan member lain atau mereka menjauhi member lain atau karena mereka cewek sombong...Bukan karena itu, tetapi karena sifat asli mereka yang memang sudah begitu "terlihat dingin, tak acuh & terlihat up-to-me.." 
"Ingat, sifat asli seseorang tidak boleh menjadi alasan menghakimi "judge" kebiasaan dan perbuatan seseorang, karena tuhan menciptakan sifat manusia yang berbeda-beda" 
Bahkan menurut saya, dari semua member Tim-J, maka cewek yang paling baik adalah Veranda & Dhike. Mungkin banyak yang bertana "Darimana lu tahu?"...Rahasia...wkwkw.  Tetapi saya bocorkan saja lah ya... hahah.  
Itu karena saya adalah penyuka cewek dingin, tak acuh, terlihat sombong, tetapi sebenarnya mereka berhati baik... hohoh, meskipun saya lebih suka cewek tomboy sih...wakakaw. 
Benar mereka berdua sebenarnya mungkin memiliki hati paling baik dari semua member dalam Tim-J. "Koq bisa?"... Karena isi pikiran mereka tidak banyak?... hahah. Paling banyak isinya mungkin seperti ini dan berulang-ulang itu-itu saja, seperti
"ngeeeng..10x, ngiiing..100x, cantik nih.., harum nih..., manis nih.., itu apa ya.., ngantuk.., tidur ah.., oh tugas besok apa ya.., tidur aja lah.., ngiiing..., ngeeeng...". Akhirnya tertidur dah dan besoknya juga masih seperti itu juga......:D
Nah... Sebuah alasan kecil di mana kita mudah menyimpulkan bahwa mereka cewek yang baik kan... hahah. Itulah sebabnya mengapa saya selalu menyukai cewek yang dingin dan tak acuh, karena saya selalu yakin klo mereka pastilah cewek yang baik...."masa sih?"...gak tau juga yah, benar kayaknya...hahah. 
Waahh.., kembali lagi ke tema, sudah kejauhan nih, sudah sampai Taj Mahal, padahal maunya ke tembok berlin. Bukannya lebih jauh yak... :D  
Itulah sebabnya mengapa Tim-J itu bisa akur sampai sekarang meskipun persaingan selalu didominasi oleh kekuatan charm di antara member dalam Tim-J, tetapi sejarah kebersamaan dan kerja keras mereka sebagai "tim perintis" menjadikan mereka sebagai saudari dalam sebuah keluarga. Meskipun sekali-kali ada konflik, tetapi akan mudah juga berbaikan kembali.... Lalu bagaimana dengan Tim K-3.
2. Kekuatan Tim K-3.
Untuk Tim-K3, saya rasa dominasi charm mereka tidak seberat dalam Tim-J. Sejauh pamahaman saya, Tim-K3 adalah tim yang cukup sesuai dengan tugas mereka sekarang, yaitu tim dengan rata-rata member memiliki charm yang ceria dan lucu-lucu. Bahkan hampir semua member Tim-K3 memiliki aura layaknya cewek-cewek ceria yang masih gemar bermain-main.

Satu hal yang belakangan saya temukan dari Tim-K3 setelah cukup lama bergelut dengan Tim-J adalah sisi lucu dan cute mereka. Hampir semua member Tim-K3 ini ternyata memiliki sisi lucu dan cute merata 100%. Sehingga pada Tim-K3 mungkin saja tidak akan kita temukan adanya persaingan dominasi kekuatan charm seperti dalam Tim-J.

Satu-satunya persaingan dalam Tim-K3 ini mungkin hanyalah persaingan popularitas saja terhadap fans, karena sekali lagi, "tenyata" hampir 100% member Tim-K3 memiliki kelebihan dalam sisi lucu, imut/unyu dan kawai juga.

Dan hebatnya lagi hampir semua member Tim-K3 ini memiliki sifat/ciri yang sangat berbeda antara setiap member, sehingga adanya konflik dalam Tim-K3 ini mungkin sangat jarang akan terjadi, bahkan mungkin tidak akan pernah terjadi, kecuali ada member yang sengaja memancing pertikaian.

Dengan sifat dan ciri mereka yang lebih didominasi oleh sifat lucu, imut/unyu dan perbedaan karakter yang merata "berbeda sering lebih baik", sedangkan dominasi kekuatan charm mereka hampir tidak terlihat, kecuali beberapa member yang memang sengaja menunjukkan bahwa mereka memiliki dominasi charm juga. 

Maka dapat saya simpulkan dengan percaya diri bahwa Tim-K3 ini adalah tim yang terlahir dan dibentuk untuk memberikan senyuman dan tertawa kepada fans dan semua orang, asalkan fans mau mengenal mereka lebih serius, maka mereka akan tahu kekuatan Tim-K3.

Oleh karena itu, saya sangat yakin selama tidak ada member yang sengaja memancing konflik dalam Tim-K3, maka selama itu pula tim ini akan selalu dalam kondisi baik-baik saja, adem-ayem, selalu ceria, lucu dan menarik bagi siapa saja.

Kemudian setelah pembahasan yang cukup panjang ini,  kita dapat mengambil setidaknya 2 kesimpulan akan perbedaan kharakter antara Tim-J dan Tim-K3, perbedaan tersebut antara lain sebagai berukut:

a. Kelebihan Tim J

  • Persaingan didominasi oleh kekuatan charm antar semua member tanpa perlu campur tangan fans. 
  • Aura berat, serius dan elegan mengalir dari setiap sudut ruangan Tim-J, sehingga terasa nyesek bangetss.....huuuugh... puanassss...
  • Ayana & Delima adalah 2 member Tim J yang auranya masih cukup lemah, tetapi ceria. Untuk alasan tertentu mungkin lebih cocok masuk Tim-K3. 
b. Kelebihan Tim K
  • Persaingan lebih didominasi untuk tingkat kepopuleran member saja di antara fans 
  • Aura ringan, ceria, lucu, imut/unyu mengalir hampir di seluruh sudut Tim-K3
  • Yona, Naomi dan Rona adalah 3 member Tim-K3 dengan aura yang cukup berat, mungkin cocok masuk Tim J, jika ingin memperberat Tim J...wkwkw 
Akan tetapi, meskipun saya mengusulkan beberapa member untuk pindah tempat, tidak berarti saya mengharapkan itu terjadi sekarang yah, karena kita tahu member Tim-J itu mirip dengan Tim-A dari AKB48 9 tahun silam, di mana mereka itu adalah "Tim Perintis" yang jasa dan pengorbanan mereka tidak bisa dihitung dengan apapun.

"Jasa mereka "Tim Perintis" tak kan pernah bisa disamakan dengan Tim mana pun setelahnya, meskipun Tim itu isinya adalah member paling top sekalipun".

Namun dalam 1-3 tahun ke depan, saya merasa ide untuk melakukan rotasi massal di JKT48 seperti rotasi massal di AKB juga sudah layak dilakukan untuk mencegah terjadinya kebosanan bagi fans sekaligus melakukan refreshing bagi semua member agar tidak jemu bertemu member yang itu-itu saja.

Sekarang saja sudah banyak fans yang mulai merasa bosan melihat member Tim-J dan K3 yang hanya itu-itu saja. Bosan bukan karena para member tersebut tidak bagus/menarik lagi, tetapi bosan karena bentuknya terlihat sama terus... haha

Seperti yang Takahashi Minami katakan, tujuan dari "Grand Reformasi BUKANLAH untuk membuat para fans menjadi kesal, membangkitkan sensasi dan membajak media, tetapi untuk mengubah letak susunan bunga yang diletakkan dalam sebuah karangan bunga dan membantu orang untuk menemukan kembali betapa indahnya gadis mereka yang dinyatakan memiliki nuansa yang tersembunyi dan tidak pernah mendapatkan perhatian."

"Sama seperti bunga Hydrangea, para gadis ini mungkin mekar dalam warna yang berbeda pada tanah yang berbeda." 

Nah... Inti dalam rotasi itu adalah agar tidak terjadi kebosanan dalam sebuah tim, agar fans juga tidak bosan, agar tejadi relasi baru antara semua member dan pastinya supaya member yang kurang terlihat mampu mengangkat diri agar lebih bersaing dan namanya lebih terlihat.
 

Just Share My Deepest Opinion...
Thank vmuch...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Recent Post

get this widget here